Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Ada tuntutan moral sebag...

Selengkapnya
UPI WISUDA DOKTOR LITERASI PERTAMA
Eep Saeful Rojab (kiri) Doktor literasi pertama

UPI WISUDA DOKTOR LITERASI PERTAMA

Sebanyak 670 mahasiswa S2 dan S3 Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia hari ini Rabu 10 Oktober 2018 dikukuhkan dalam wisuda. Satu dari wisudawan/wati adalah Doktor Literasi, atas nama Eep Saeful Rojab Fanruri. Acara wisuda bertempat di Gedung Gymnasium kampus setempat di Bandung.

Wisuda gelombang ke-3 Sekolah Pascasarjana UPI tersebut mengukuhkan 613 magister dan 57 doktor dari berbagai program studi yang ada di kampus pendidikan tersebut. Pria asal Cianjur ini adalah satu dari empat mahasiswa S3 Program Studi Pendidikan Umum dan Karakter. Disertasinya berjudul Gerakan Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter (Studi Fenomenologis pada Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Jawa Barat).

Rabu ini tentu menjadi hari bahagia bagi Eep dan sekeluarga. Termasuk bagi kawan-kawan tim literasi Dinas Pendidikan Jawa Barat. Bagaimana tidak, studi S3 harus ditempuh ditengah kesibukannya sebagai widyaiswara Disdik Jabar. Silih berganti kegiatan menghampiri, baik sebagai peserta, panitia bahkan sering menjadi narasumber.

Semangatnya tetap dijaga kendati program literasi pendidikan dasar di Jawa Barat sempat kolaps. Menyusul perubahan regulasi kewenangan pengelolaan pendidikan. Pendidikan TK SD SMP dikelola kota kabupaten, sedangkan SMA SMK dan SLB dikelola Disdik Propinsi. Padahal selama ini Gerakan Literasi Sekolah melalui program WJLRC bergerak di SD dan SMP.

Alhamdulillah, disertasi tentang GLS di Jawa Barat tersebut berhasil dipertanggung jawabkan dalam ujian promosi pada 31 Juli 2018. Pada hari itu sejumlah rekan Laskar Literasi Rajiman yang menggerakan WJLRC ikut hadir dalam ujian disertasi. Mereka datang dari berbagai penjuru kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Berbagai ucapan selamat berdatangan kepada mantan mahasiswa S3 UPI dengan NIM 1302875. Khususnya dari teman seperjuangan di West Java Leader Reading Challenge (WJLRC) di group Whatsapp. Eep membalas menyampaikan terima kasih atas ucapannya. Ia berharap ilmunya bisa bermanfaat bagi perkembangan literasi di Jawa Barat. Selamat.... (PaDE)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ok , jadi inspirasi ,Pak.

10 Oct
Balas

Alhamdulillah, semoga dapat menular pada diri saya, Ammiiinn

10 Oct
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali