Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Ada tuntutan moral sebag...

Selengkapnya
TANTANGAN SERIUS GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Buku yang hot bagi yang mau belajar HOTS

TANTANGAN SERIUS GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Oleh: Deny Rochman

Tantangan guru tak pernah surut dalam mencerdaskan anak bangsa. Berganti kurikulum 2013, tantangan guru makin serius dalam mendidik anak-anak milenial menuju Indonesia Emas 2045. Terlebih, menghadapi abad ke-21, bangsa ini memasuki era revolusi industri 4.0. Sebuah masa perkembangan teknologi yang makin canggih di semua lini kehidupan.

Tentu ini menjadi tantangan serius bagi guru-guru yang lahir pada era sebelumnya. Akan ada kompetensi baru yang harus disiapkan guru-guru bagi anak-anak milenial. Masa depan semua kehidupan akan berbasis internet, robotic dan teknologi modern lainnya. Sejumlah pekerjaan akan hilang, namun akan lahir pekerjaan baru. Mampukah guru-guru menyiapkan generasi tangguh masa depan?

Keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS--Higher Order Thinking Skill) menjadi salah satu solusinya. Dengan perpaduan penguatan pendidikan karakter (PPK), literasi dan keterampilan abad 21, maka HOTS diharapkan bisa menjawab tantangan jaman. Dengan pola ini, guru mampu melakukan lompatan jauh ke depan, berlari kencang membekali anak didiknya dengan kompetensi abad ke-21.

Mampukah guru melintasi tantangan ini? Menjawab tantangan jaman, guru wajib melek teknologi komunikasi dan informasi. Harus mampu mendidik dan mengajarkan siswa menumbuhkan karakter dan budaya literasi. Pendidikan karakter, meminjam pendapat mantan Mendikbud Anis Baswedan, tak hanya karakter moral. Siswa juga wajib memiliki karakter kinerja.

Karakter kinerja itu seperti kerja keras, disiplin, kerja tuntas, tak mudah menyerah. Sementara budaya literasi mampu melahirkan siswa berkemampuan kreatifitas dan inovasi tiada henti. Sedangkan kemampuan HOTS mendidik siswa mampu menganalisis, berargumen, problem solving, berani ambil keputusan dan resiko serta mengimplementasikan konsep.

Tentu untuk mencapai target tersebut guru harus memiliki planning jitu. Harus mampu menterjemahkan Kurikulum 2013 ke tataran teknis dalam kegiatan belajar mengajar. Mulai dari menyusun rencana, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran. Sayangnya tak sedikit guru yang belum memahami secara teknis implementasi K13 secara utuh.

Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS karya ibu Istiqomah, S.Pd., M.Pd ini tampaknya akan menjadi buku referensi wajib bagi guru-guru di Indonesia. Dalam buku setebal x + 352 halaman ini, Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Jawa Timur ini membedah teori dan memberikan inspirasi pembelajaran untuk menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

Menariknya, buku ini mengurai penjelasan era revolusi 4.0 dan tantangan bagi dunia pendidikan di masa abad ke-21. Apa saja tantangan dan solusinya bagi guru-guru. Diulas secara lugas juga bagaimana penguatan pendidikan karakter dan literasi dalam menyiapkan generasi milenial.

Paling pokok, penulis yang juga editor senior Mediaguru ini membenerkan cara mengurai, menyusun dan membuat pembelajaran HOTS. Mulai mengurai kompetensi dasar dan standar kompetensi, penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) hingga penyusunan soal dan teknik penilaian.

Pembahasannya secara teknis membuat kesan buku ini bertele-tele. Namun pas untuk kebutuhan guru-guru yang merindukan penguasaan teknis implementasi K13. Dengan harga terjangkau dan kertas yang bagus, buku ini layak menjadi buku pedoman bagi guru-guru era revolusi industri 4.0. Benar-benar buku yang hot. (*)

*) Penulis adalah guru SMP Negeri 4 Kota Cirebon

DATA BUKU

Judul Buku :PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS: Teori dan Inspirasi Pembelajaran untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0

Pengarang : Istiqomah, S.Pd., M.Pd

Penerbit : Pustaka.Mediaguru

Tahun Terbit : Oktober 2018

Tebal Halaman : x + 352 halaman

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sebuah resensi yang mampu menarik pembaca untuk mengetahui secara lengkap konten bukunya. Salam literasi, pak

01 Dec
Balas

Salam literasi jg. Mksh

02 Dec

Salam literasi jg. Mksh

02 Dec

Di mana bisa pesan buku yang dimaksud?

02 Dec
Balas

Bisa hub penulisnya aja bu 0813-3423-1701

02 Dec

Ulasannya singkat padat jelas dan bikin oenasaran top....

02 Dec
Balas

Ulasan buku di atas membuat saya penasaran ingin membacanya, pasti menarik, apalagi bagi saya yang tidak tahu dan tidak paham ini, salam kenal ya Pak, salam literasi

03 Dec
Balas

Mangga pak dicicipi. Hehe...

03 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali