Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Aktif di jurnalistik UKI...

Selengkapnya
RW DIMINTA WASPADA DUA JENIS BENCANA

RW DIMINTA WASPADA DUA JENIS BENCANA

Seluruh pengurus Rukun Warga di Kota Cirebon diminta untuk mewaspada terhadap dua bencana. Selain bencana alam, tak kalah beratnya adalah bencana moral. Bahkan bencana moral lebih berbahaya efeknya daripada bencana alam. Karena bencana alam berawal dari bencana moral.

"Ketua RW dan jajaranya itu garda terdepan dalam tangggap bencana. Karena bapak ibu sekalian langsung dengan masyarakat. Tanggap bencana tak hanya faktor alam, bencana tak terlihat yaitu kerusakan moral juga berbahaya," tutur Eka, dari Satpol PP kota Cirebon dan Ipda M. Sukirman dari Kanit Binmas Polres Cirebon Kota, Rabu (11/4).

Para ketua RW itu diingatkan dalam rapat desiminasi tanggap bencana di kantor Satuan Pamong Praja Kota Cirebon, Rabu kemarin. Acara dua hari tersebut mengundang 248 RW dalam dua tahap, Selasa dan Rabu di tempat yang sama. Hadir sebagai nara sumber dari Satpol PP, Polres dan Tagana--Taruna Siaga Bencana.

Dalam kesempatan itu kegiatan hari kedua, Kasat Pol PP Drs Andi Armawan kedatangan tamu Kasat Binmas Pores Ciko AKP Trisilayanto. Peserta hari kedua dari dua kecamatan yaitu Kec. Pekalipan dan Kec. Lemahwungkuk. Salah satu perserta adalah RW 01 Kemakmuran yang dihadiri langsung oleh ketuanya Deny Rochman, S.Sos., M.Pd.

Sesi pertama pembicara dari unsur Satpol PP kemudian dilanjut oleh pihak Tagana Joni Krisnandar. Sebelum acara praktek, materi ceramah ditutup dari Binmas Polres Ciko. Acara ditutup dengan praktek dan simulasi tanggap bencana. Sepulang acara setiap RW diberikan poster tanda kentongan untuk di Poskamling di kampunnya.

Para narasumber berharap agar ketua RW bersama jajarannya melakukan deteksi dini terhadap potensi bencana di kampungnya masing-masing. Misalnya apakah ada sungai, selokan ada berapa, dimana biasa terjadi genangan, berapa personil pengurus, adakah pengurus yang mengurusi bencana dan sebagainya.

"Ada beberapa cara agar kampung kita terhindar bencana alam khususnya banjir. Diantaranya pavingisasi jalan kampung, pembuatan biofori, pengerukan sungai dan selokan, membuang sampah jangan sembarangan dan lainnya," tutur Joni Krisnandar dari Tagana Kota Cirebon. (PaDE).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Setuju pak....

12 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali