Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Aktif di jurnalistik UKI...

Selengkapnya

PONSEL YANG COCOK BUAT GURU PENULIS

Apakah Anda guru penulis? Bersiaplah untuk berubah gaya hidupnya. Gaya hidup dalam kepemilikan alat komunikasi telepon seluler (ponsel). Era digital ini lompatan teknologi informasi begitu sangat cepat. Penyebaran informasi dan komunikasi di dunia maya sama bahkan lebih cepat dengan dunia nyata.

Kehadiran media sosial online membuat pergerakan informasi dalam hitungan detik. Mereka melihat, mendengar, merasakan dan melakukan kegiatan langsung mempostingnya (jurnalisme citizen) melalui medsos dengan smartphone androidnya. Fakta menunjukkan pengguna aktif jejaring sosial hingga 2016 tersebut tercatat sebanyak 88 juta.Tahun sebelumnya di angka 82 juta.

Pada tahun 2014 pengguna facebook sebanyak 77 juta. Dan hampir semua pengguna aktif bulanan facebook mengakses jejaring dari mobile phone. Mereka rata-rata mengecek ponselnya lebih dari 80 kali setiap hari. Sebanyak 14 kali menengok facebook.

Data lain menunjukkan sebanyak 95% pengguna internet mengakses sosmed, khususnya facebook dan twitter. Medsos lainnya seperti Blog, foto di Instagram, maupun mengupload video di Youtube, Path, Line, Google+ dan Linkedlin. Plus media massa off line.

Boomingnya media sosial online membawa kemudahan tersendiri bagi guru penulis. Di era kini sudah tidak ada alasan lagi guru tidak mau menulis. Banyaknya media alat latihan menulis membuat ketrampilan bahasa yang satu ini sangat leluasa untuk dipraktekan. Salah satunya melakukan kegiatan menulis melalui android. Ada sisi kemudahan dan keuntungan tersendiri dengan memanfaatkan android.

Dengan android dimana pun, kapan pun dalam dalam kegiatan apapun curhatan ide guru penulis akan lebih mudah. Namun tidak semua ponsel android itu cocok bagi guru penulis. Ponsel guru penulis wajib memiliki kriteria khusus dalam mendukung pengembangan kemampuan guru penulis. Syarat pertama wajib adalah guru penulis harus memiliki ponsel android. Terserah dari mana ponsel itu, apakah beli, dibelikan, dapat hadiah, atau hutang.

Kedua, upayakan layar ponsel paling kecil 5 inch. Kelebaran layar akan membantu keleluasaan pengguna dalam melakukan aktifitas menulis. Pastikan spesifikasi ponsel mendukung akses internet. Minimal 1 GB dengan prosesor yang memadai agar tidak lambat saat proses pengetikan dan fasilitas multimedia lainnya. Ponsel perlu dukungan data yang cukup besar agar pengguna nyaman dalam menyimpan data tulisan.

Ketiga, pastikan ponsel Anda terakses dengan jaringan internet. Tanpa itu kebebasan ekspresi guru penulis akan terbatasi ruang dan waktu. Namun dengan terkoneksi online ide-ide guru bisa berkembang setiap saat, dimana pun dan kapan pun. Akses internet dan membuat tulisan di android jauh lebih mudah dan menyenangkan. Seperti apa teknik menulis berkualitas dengan android? Ikuti terus tulisannya saya…

Cirebon, 22:34/14-11-2017

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Luar biasa

15 Nov
Balas

Hemmm..bikin penasaran Pa DE

15 Nov
Balas

Tak tonggoni, Kang.

15 Nov
Balas

Inspiratif pa De

15 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali