Deny Rochman

Deny Rochman bukanlah anak seorang penulis. Era reformasi 1998 telah mengubah talenta hidupnya. Ia mulai banyak menulis di media massa. Aktif di jurnalistik UKI...

Selengkapnya
BERTARUH ANTARA HIDUP DAN MATI 

BERTARUH ANTARA HIDUP DAN MATI 

Suasana malam ruang observasi persalinan tampak masih ramai. Waktu kian malam. Namun kesibukan tim medis belum ada tanda-tanda akan istirahat. Malam minggu itu para perawat tengah sibuk membantu proses persalinan seorang ibu. Ruangannya persis disebelahan isteri, hanya dibatasi partisi non permanen.

Ruang sebelah lainnya ada seorang ibu juga terlihat masih berjuang melahirkan anaknya. Sementara isteri masih berjuang menurunkan tensi darahnya yang sejak Jumat malam mendadak melesat, dari 120 hingga 170. Di ruang kamelia, tubuh isteri terpasang tiga selang. Satu selang oksigen, dua lagi selang deteksi jantung debay dan deteksi tensi.

Seluruh pergerakan naik turun tensi terus terpantau secara berkesinambungan. Sejak awal masuk hingga minggu pagi kondisi tensi fluktuatif. Kadang 155. 160 bahkan pernah sampai 193. Deretan angka tensi yang sangat mengkhawatirkan. Perjuangan isteri seperti bertaruh antara hidup dan mati.

Dalam selang waktu berbeda perawat sering konfirmasi kondisi kesehatan terbaru isteri. Apakah pusing, pandangan kabur, rasanya mengantuk terus dan sebagainya. Gejala tersebut merupakan peringatan kemungkinan potensi pre eklamsia. Preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ.

Tandanya misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria). Preeklamsia juga sering dikenal dengan nama toksemia atau hipertensi yang diinduksi kehamilan. Jika isteri sampai pandangannya kabur, sering ngantuk bukan efek obat maka berpotensi alami kejang-kejang. Jika ini terjadi akan mengancam keselamatan ibu dan bayinya. Naudzubillah....

Situasi tak menentu tersebut membuat tim media dibawah komando Dr. Hermawan merancang strategi. Kabarnya jika kondisi isteri masih labil hingga hari ini maka akan segera dilakukan tindakan caesar. Resikonya bayi berpotensi prematur. Antisipasinya tim medis membantu mematangkan paru-paru bayi dalam kandungan yang disuplai melalui obat kepada sang ibu.

Jika bayi prematur lahir selamat, maka harus menjalani perawatan khusus di ruang NICU dan PICU. Seperti yang dialami anak kami yang kedua. Sejak lahir 21 Desember 2016, harus menginap satu pekan daripada ibunya cukuo tiga hari.

NICU adalah Neonatal Intensive Care Unit dan PICU adalah Pediatric Intensive Care Unit adalah ruang perawatan intensif untuk bayi (sampai usia 28 hari) dan anak-anak yang memerlukan pengobatan dan perawatan khusus, guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ-organ vital. Kesiapan organ agar kelak jika dilepas dialam bebas bisa menyesuaikan.

Di tengah situasi ini hanya pasrah dan sabar yang harus saya lakukan. Tuhan terasa begitu dekat, seolah menjadi tempat transisi kehidupan dunia dan akherat. Saya dalam kepasrahan yakin, Allah akan memberikan yang terbaik bagi hambanya. Jangankan diminta, tidak pun sudah tertulis takdir dilauhul mahdudz.

Kasus ini menjadi peringatan kepada semua ibu hamil yang memikili keluhan tensi atau darah tinggi. Mereka agar selalu kontrol kesehatan, tetap menjaga pola makan dan hidup sehat. Jika bandel, bersiaplah untuk selalu deg degan selama proses persalinan kelak. (PaDE)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Khawatir sekali ya pak,apalagi untuk orang yang disayangi. Saya juga pernah mengalami beberapa kali kejadian seperti itu. Berpasrah dan berserah hanya kepada Allah, mudah-mudahan semua kan baik-baik saja...aamiin YRA

17 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali